Lembaga Desa

Lembaga Desa tersusun atas beberapa badan seperti Kepala Desa (Pak Lurah, Pak Petinggi), Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Sekretaris Desa (Pak Carik), Lembaga Kemasyarakatan Desa, Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Karang Taruna. Setiap badan memiliki fungsinya masing-masing.

Kepala Desa

Kepala Desa merupakan pemimpin tertinggi pemerintahan desa. Kepala Desa ditunjuk oleh masyarakat melalui Pilkades. Di Desa Cepogo pemilihan kepala desa disebut sebagai PILPET (Pemilihan Petinggi)

Kepala Desa di Desa Cepogo disebut sebagai Pak Inggi (Pak Petinggi). Kepala Desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa dan pemberdayaan desa.

Kepala Desa bertanggung jawab langsung kepada bupati, dan dikoordinasikan oleh camat. Kepala desa memiliki masa jabatan 6 tahun, dan dapat menjabat selama 3 periode

Sekretaris Desa

Sekretaris desa adalah perangkat yang membantu kepala desa menjalankan tugasnya. Fungsi sekretaris meliputi menyiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi desa, membantu persiapan penyusunan peraturan desa dan bahan untuk laporan penyelenggara pemerintah desa serta melaksanakan tugas lain yang diberikan kepala desa.

Badan Permusyawaratan Desa

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah “parlemen” desa. BPD bertugas untuk menampung aspirasi masyarakat desa, dan berkoordinasi dengan kepala desa untuk menjalankan pemerintahan desa. Selain itu fungsi BPD adalah untuk mengawasi kinerja kepala desa.

BPD biasanya ditunjuk dari tokoh masyarakat setempat, dan tidak diperbolehkan menjabat sebagai perangkat desa.

Anggota dari BPD itu sendiri terdiri atas Ketua Rukun Warga, Pemangku Adat, Golongan Profesi, Pemuka Agama dan Tokoh atau Pemuka Masyarakat yang lain.

Lembaga Kemasyarakatan Desa

Lembaga Kemasyarakatan Desa terdiri dari:

  • Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)
  • Karang Taruna
  • Kelompok Wanita Tani
  • Kelompok Petani

Lembaga Kemasyarakatan Desa dibentuk untuk mengorganisasi kepentingan masyarakat setempat

Pelaksana Teknis Desa

Kamituwo

Di desa Cepogo, ada perbedaan mengenai struktur perangkat desa dari kebanyakan desa lainnya, yaitu Kamituwo.

Kamituwo adalah perwakilan perangkat desa dari satu atau beberapa RW. Kamituwo bertugas untuk membantu kepala desa dalam menjalankan pemerintahan di tingkat RW

Facebook Comments